Beranda » Uncategorized » ANGGARAN PENDIDIKAN 20 PERSEN

ANGGARAN PENDIDIKAN 20 PERSEN

Oleh Efendy Naibaho

ANGGARAN pendidikan dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang persentasenya cukup besar: 20 persen, tentu melegakan banyak pihak. Dengan anggaran sebesar itu, masalah pendidikan tentu semakin bisa diperbaiki. Salah satu di antaranya, saya membayangkan, akan tidak ada lagi ruangan sekolah yang hancur-hancuran. Tapi, ternyata, anggapan saya itu tidak betul.

Ketika saya dan teman-teman dari Komisi E DPRD Sumatera Utara berkunjung ke Departemen Pendidikan di Jakarta, pertengahan Februari barusan, anggaran pendidikan itu dibagi ke berbagai departemen lainnya. Ke departemen atau lembaga yang mempunyai program pendidikan. Tidak identik dengan departemen atau depdiknas.

Artinya, departemen pendidikan itu tidak utuh menerima 20 persen uang dari APBN. Anggarannya masuk juga ke lembaga lain.

Memang kita harus bisa membedakan antara pendidikan dengan departemen pendidikan. Pendidikan tentu artinya luas sekali. Bisa saja tiap departemen atau lembaga punya kegiatan atau program pendidikan yang tujuannya tentu untuk meningkatkan pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu.

Namun demikian, saya tetap mengharapkan anggaran pendidikan itu tetap sebesar 20 persen dialokasikan kepada Departemen Pendidikan. Atau, kalau nantinya departemen lain harus mendapat kue APBN tersebut, persentasenya dinaikkan hingga 30 persen sehingga persentase yang 20 itu, full ke Departemen Pendidikan.

Apakah saya berpihak kepada Departemen Pendidikan? Saya kira tidak. Sebab departemen lain juga cukup membutuhkannya misalnya departemen kesehatan. Hemat saya, masalah rakyat berkisar di dua soal besar itu: pendidikan dan kesehatan.

Kalau pendidikan sudah semakin baik, sumber daya manusia semakin bagus. Guru – guru pun semakin profesional di bidangnya jika gajinya semakin cukup. Memang masih bisa dipersoalkan, apakah profesional dulu baru soal gaji atau gaji dulu baru bisa profesional.

Sama halnya dengan kesehatan. Bila banyak sekali rakyat Indonesia yang sehat, semakin majulah Indonesia. Sudah pendidikannya tinggi – tinggi, sehat-sehat pula, apalagi yang mau dicari?

Semua masalah tentunya akan bisa dieleminir oleh rakyat yang berpendidikan dan sehat. ***


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: