Beranda » Uncategorized » Efendy Naibaho Ingin Gagas Pansus Masalah Tanah Rakyat

Efendy Naibaho Ingin Gagas Pansus Masalah Tanah Rakyat

Politik 06-04-2009

*robby effendi
MedanBisnis – Medan
Masalah-masalah tanah di Sumatera Utara (Sumut) akan sulit diselesaikan jika perangkat-perangkat hukum yang ada tidak memberikan solusi yang tuntas. Pada sisi lain, sudah dianggap perlu dibentuknya komisi yang khusus menangani masalah tanah di Indonesia. Pernyataan ini disampaikan Efendy Naibaho, anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDI Perjuangan dalam keterangannya kepada wartawan di Medan, Jumat (3/4/).
Menurut Efendy, selama ini, kasus-kasus tanah yang terjadi di Sumut lebih dikarenakan kesalahan pemerintahan di masa lalu. Ketika kekuasaan begitu menggurita, maka hak-hak tanah rakyat tidak begitu dihargai, penyerobotan lahan terjadi di mana-mana. Maka ketika zaman berubah, masalah tanah juga mengemuka di mana-mana.
DPRD Sumut, kata Naibaho, sulit mengatasi masalah tanah ini karena berkaitan dengan pemerintah pusat. Maka upaya-upaya media yang coba dilakukan oleh DPRD Sumut, terbentur waktu dan situasi yang kurang mendukung untuk penyelesaian masalah itu.
Dengan situasi ini, kata Naibaho, maka mau tidak mau perjuangan harus dilakukan melalui lembaga legislatif di tingkat pusat. Dukungan-dukungan sudah demikian banyak. Maka hal itu pula yang menguatkan Efendy Naibaho untuk maju sebagai calon anggota legislatif di senayan, yakni DPR RI. Dia ingin menyelesaikan pekerjaan rumah masalah tanah ini.
Kukuh dengan kemauan untuk menyelesaikan masalah-masalah tanah ini, politisi yang juga tokoh adat masyarakat Batak ini, memastikan langkah dengan menjadi caleg PDI Perjuangan untuk DPR RI. Dia didudukkan pada nomor urut 8 di daerah pemilihan (dapil) Sumut I, yang melingkupi Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi.
“Salah satu yang akan saya lakukan nantinya jika terpilih, mengupayakan dibentuknya panitia khusus di tingkat DPR yang menangani masalah tanah, serta jika memungkinkan mendorong dibentuknya komisi yang mengurusi permasalah tanah. Setidaknya dengan cara ini, mungkin masalah pertanahan yang merupakan masalah rakyat bisa menjadi perhatian dan ada penyelesaiannya,” ujar Naibaho.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: