Beranda » Uncategorized » EFENDY NAIBAHO DAN KAMPANYE METODE BARU

EFENDY NAIBAHO DAN KAMPANYE METODE BARU

Oleh: Petrus M. Sitohang

 
Ada satu hal yang saya amati membuat Pemilu tahun ini berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya yaitu kehadiran internet. Memang pada saat pemilu 2004 atau sebelumnya teknologi internet juga sudah ada, namun belum seluas saat ini.
 
Teknologi internet dan hasil-hasil ikutannya seperti blog pribadi, situs berita sampai jejaring sosial Facebook membuat kita lebih mudah memperoleh informasi mengenai rekam jejak seseorang.

Salah seorang calon anggota lembaga legislatif (caleg) yang sadar betul akan hal itu adalah Efendy Naibaho, seorang kandidat DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk daerah pemilihan Sumatera Utara 1 yang meliputi Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi.

Efendy Naibaho adalah seorang wartawan senior yang sudah bekerja di berbagai media masa termasuk majalah berita mingguan Tempo. Saat ini dia adalah anggota DPRD Sumatera Utara.

Yang membedakan Efendy Naibaho dari calon-calon lainnya ialah kemampuannya menggabungkan metode kampanye tradisional seperti tatap muka, kunjungan ke rumah-rumah calon pemilih dan mengikuti acara perkumpulan/paguyuban sosial yang ada di daerah pemilihannya, dia juga aktif memposting kegiatan dan pokok-pokok pikirannya di jejaring sosial Facebooknya.

Efektifitas kampanye menggunakan media internet di Amerika Serikan sudah dibuktikan oleh Barack Obama yang dengan cerdas menggunakan media ini untuk menjangkau para calon pemilih sekaligus penggalangan dana. Seperti kita semua tahu, Barak Obama bukan saja menjadi pemenang dalam perebutan tiket Partai Demokrat bahkan akhirnya mampu mengalahkan saingannya dari Partai Republik John Mc Cain dan berhasil mengukir sejarah tampil sebagai Presiden Amerika Serikat kulit hitam yang pertama.

Apakah kampanye melalui internet akan mampu menolong Efendy Naibaho memenangkan kursi DPR RI dari daerah pemilihan yang dipenuhi dengan nama-nama besar dalam kancah politik Indonesia seperti seniornya di PDIP Panda Nababan dan lain-lain kita akan lihat setelah tanggal 9 April nanti.

Yang jelas ialah dengan memanfaatkan teknologi internet, saya jadi lebih mudah mengenal calon-calon anggota legislatif yang akan mengisi lembaga terhormat dan sangat penting bagi perkembangan Indonesia 5 tahun ke depan. Dari tulisan-tulisannya di jejaring sosial Facebook saya jadi tahu kepedulian Efendy Naibaho yang sangat tinggi pada persoalan pariwisata Danau Toba, masalah anggaran di bidang pendidikan, biaya jasa internet di Indonesia yang masih cukup mahal dan lain-lain. Saya juga jadi tahu gaya bicaranya teratur dan tidak hiperbolik, kemampuan menuliskan pikirannya dengan runtut. Dan saya juga jadi tahu kalau dia sudah mendirikan perpustakaan sendiri.

Dan karenanya saya tidak ragu-ragu untuk merekomendasikannya kepada teman-teman saya yang tinggal di sekitar Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi untuk memilihnya dalam Pemilu Legislatif pada hari Kamis tanggal 9 April 2009 nanti.

Selamat berjuang Pak Efendy. Semoga sukses.

 
Posted by at 17:55 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: